batu combong

Pengaruh mistik Jawa ternyata tidak terlepas dengan perwujudan seni Jawa. Hal ini merupakan sebagai proses memahami pesan mistik yang terkandung di dalamnya. Bahkan hasil penelitian Astri Wright yang berjudul Javanese Mysticsm And Art; A case Of Iconography, menyatakan adanya hubungan seni pada praktik mistik di Jawa serta wujud lain dari seni sebagai sumber penyembuhan.

Secara historitas kepercayaan terhadap mistik Jawa sudah ada sejak pada masuknya Hindu dan Budha ke Indonesia. Pengertian mistisisme sendiri ialah ajaran yang menyatakan bahwa ada hal-hal yang tidak terjangkau oleh akal manusia. Dan ilmu mistisisme juga tidak jauh dengan kebathinan. Orang dulu melakukan ini tujuannya adalah sebagai sarana menjalin hubungan langsung individu denganTuhannya.

Biasanya mistisisme bisa dilakukan dengan cara meditasi, latihan pertapaan, puasa, atau metode pembelajaran yang lainnya. Bahkan hasil inspirasi mampu melahirkan sebuah seni yang dinamakan wayang, candi Hindu-Budha. Jadi dapat disimpulkan sesuai dengan yang dikatakan Wright, bahwa adanya hubungan seni dengan praktik mistik Jawa.

Figur Seni Wayang Menafsirkan Keluhan yang Dipikirkan Manusia

mengapa pengaruh mistik Jawa dapat dikatakan perwujudan seni?. Karena figur wayang digunakan untuk menafsirkan keluhan yang disampaikan pasien. Kisah dalam tokoh wayang dianggap merepresentasikan perjalanan mistis melalui dunia ilusi material dan ketidaksetaraan, dalam mencari penyatuan dengan yang Ilahi. Simbolisme wayang juga sering digunakan di lingkungan penganut kebatinan untuk menjelaskan fungsi-fungsi nafsu dalam psikologi kepribadian.

batu combong

Cara pandang demikian mampu menjelaskan mengapa seorang seni bisa disamakan sebagai seorang penyembuh atau dukun, yang cenderung menempuh jalan mistik dalam melakukan diangosa terhadap penyakit maupun masalah-masalah pasiennya.


(baca juga : Cara Mengamalkan Doa Penglaris Dagang)


Hal ini dimungkinkan sebab seorang dukun merupakan mediator antara sukma dan nyawahal ini dapat didukung dengan kemampuanya untuk mengendalikan kuasa baik maupun kuasa jahat.

BACA:  Apakah Ziarah Kubur di Larang? Hukum Ziarah Kubur

Sekilas misalnya saja jika diceritakan dalam karakter wayang Jawa. ternyata warna dan simbol pada wayang memiliki makna tersendiri dalam menggambarkan sifat tokoh wayang. Biasanya warna hitam pada wayang melambangkan nafsu (mementingkan diri sendiri), serta warna lainnya juga mengandung makna yang pasti tidak sama.

Demikianlah segala sistem penyembuhan dengan segenap dimensi mistisismenya. Meskipun pemahaman pengetahuan masyarakat semakin berkembang, penyembuhan dengan cara ini tidak pernah kehilangan tempat maupun eksistensinnya hingga pada masa sekarang.

 


Ada yang Ingin Anda Tanyakan? Konsultasikan Permasalahan Anda Dengan Mbah Nasir :

Atau Hubungi Admin Nadia Untuk Mendapatkan Azimat yang Anda Inginkan :

Bagikan Ke :
batu combong
error: Content is protected !!